18 November 2021

09 Januari 2019

'Perjuangan untuk mendapatkan NIP' begitulah celetuk salah satu teman CPNS saat melengkapi berkas di lantai 3 kantor walikota Prabumulih. Serentak kami tertawa seolah membenarkan apa yang beliau katakan. Untuk mendapatkan NIP, memang tak mudah. Ada tes CAT yang harus kami lewati dengan hasil tesnya yang tidak bisa dimanipulasi, melengkapi berkas di tahap pemberkasan yang berkasnya tidak sedikit, baru kemudian pelantikan.

Saat tahap pemberkasanpun, tidak serta merta mengumpulkannya dalam map lalu selesai. Ada panitia yang berjaga di sana yang bertugas untuk memeriksa kelengkapan berkas kita. Setiap berkas diperiksa satu per satu. Mulai dari ijazah yang mesti dilegalisir dari SD sampai pendidikan terakhir, pejabat yang berwenang memberikan legalisir, Daftar Riwayat Hidup yang pengisian di kolom pendidikan juga mesti dibenahi, SKCK, Surat Keterangan Sehat, Surat Lamaran, Surat Pernyataan, dan lain sebagainya. Sampai-sampai semua berkasku selesai dan diterima saat jam menunjukkan pukul dua siang. Padahal kami sudah sampai di sana pukul 9 pagi.

Saat itu, aku dan suami menaiki motor Scoopyku yang sengaja kami bawa dari Sekayu menuju Palembang, kemudian esok paginya lanjut ke Prabumulih. Ya, dengan menaiki motor, kami tempuh bersama jalan panjang menuju Prabumulih. Melawan debu dan asap polusi dari mobil-mobil serta truk yang silih berganti kami lewati dan melewati kami. Dua jam perjalanan kami tempuh, begitupula saat pulang ke Palembang.

Gambar 1. Saat diabadikan oleh suami dalam sebuah foto

Gambar 2. Kartu Ujian yang digunakan di SKD dan SKB


Gambar 3. Status di Instagram saat selesai pemberkasan


08 April 2019
Setiap hari Senin memang ada jadwal apel rutin bagi ASN di wilayah kota Prabumulih yang dilaksanakan di halaman kantor walikota. Bertepatan dengan itu pula, kami yang lulus tes CPNS 2018 akan dilantik di hadapan para peserta apel dan yang akan melantik kami adalah bapak Walikota dan bapak Wakil Walikota Prabumulih. Dengan menggunakan pakaian serba hitam putih lengkap dengan atribut pin KORPRI, kami berdiri berdasarkan nomor urut absen yang sudah diberikan di grup whatsapp CPNS Prabumulih. Semua itu agar nampak rapi dan tidak tertukar saat penyerahan map berisikan Surat Keputusan.

Gambar 4. Foto bersama bapak Walikota dan Wakil Walikota Prabumulih

Setelah pelantikan itu, resmi sudah kami menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara yang bertugas di wilayah kerja kota Prabumulih. Di sanalah kurang lebih 10 tahun kami akan mengabdikan diri. Segala tanggung jawab dibebani di pundak kami untuk membantu walikota melayani masyarakatnya dengan sebaik-baiknya. Semoga...

Khimar Biru . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates